Tentang Piramida Populasi

Lighthouse

Piramida penduduk adalah grafik yang menampilkan komposisi usia dan jenis kelamin dari suatu populasi. Grafik ini biasanya mengatur jumlah laki-laki atau persentase pada jumlah kiri dan perempuan atau persentase di sebelah kanan. Kelompok usia ditunjukkan dengan menumpuk bar dengan kelompok usia termuda di bagian bawah. Kebanyakan populasi memiliki tingkat pertumbuhan positif alami yang menampilkan, kasar, sebagai piramida, maka nama umum dari piramida penduduk.
Keuntungan menggunakan jumlah dalam suatu kurun waktu piramida penduduk untuk satu populasi adalah bahwa Anda melihat ukuran perubahan populasi. Kerugian dari menggunakan penting adalah bahwa Anda tidak dapat dengan mudah dibandingkan piramida dari populasi yang berbeda. Piramida penduduk pada halaman ini menggunakan persentase daripada jumlah untuk menarik bar horizontal ditumpuk karena model pertumbuhan membandingkan piramida penduduk Hall County, Meksiko, dan Amerika Serikat.
Warna digunakan untuk menunjukkan beberapa blok populasi umum digunakan dalam studi demografi. Penduduk usia 65 tahun dan lebih tua dianggap tidak lagi produktif secara ekonomi dan ditampilkan dalam warna abu-abu. Biru digunakan untuk anak-anak tergantung dari usia 14 tahun dan lebih muda. Populasi antara 15 dan 64 tahun diasumsikan ekonomi produktif dan ditampilkan dalam warna hijau. Wanita antara 15 dan 44 tahun diasumsikan dari usia subur dan ditampilkan dalam warna hijau terang.
Piramida penduduk yang digunakan untuk menunjukkan perubahan struktur penduduk. Sebuah populasi dengan tingkat pertumbuhan alami yang besar akan memiliki bentuk piramida diucapkan dengan basis yang luas. Sebagai pengganti pertumbuhan nol atau tingkat alamiah dan tingkat kematian yang rendah berkembang, lebih dari 60 tahun atau lebih, bentuk silo dijelaskan. Sebuah populasi dengan tingkat pertumbuhan negatif alami akan memiliki bar kecil di dasar piramida. Dunia pasca Perang II baby boom di Amerika Serikat, dan gaungnya, tampil sebagai tonjolan di piramida yang bergerak ke atas piramida dari waktu ke waktu. Bias buruh karakteristik laki-laki dari populasi tenaga kerja imigran muncul di bar laki-laki yang lebih besar daripada bar perempuan. Kegunaan Dengan melihat proporsi penduduk laki-laki dan perempuan dalam tiap kelompok umur pada piramida tersebut, dapat diperoleh gambaran mengenai sejarah perkembangan penduduk masa lalu dan mengenai perkembangan penduduk masa yang akan datang. Struktur umur penduduk saat ini merupakan hasil kelahiran, kematian dan migrasi masa lalu. Sebaliknya, struktur umur penduduk saat ini akan menentukan perkembangan penduduk di masa yang akan datang. Indonesia telah mengalami perubahan bentuk piramida yang disebabkan oleh penurunan kelahiran dan penurunan kematian bayi beberapa dekade yang lalu. Dalam hal ini dapat diidentifikasi 3 macam bentuk piramida penduduk secara umum, yaitu:
1. Piramida penduduk yang mempunyai dasar lebar menunjukkan terjadinya kelahiran yang tinggi diwaktu-waktu yang lalu.
2. Piramida penduduk yang berbentuk kerucut menunjukkan kelahiran besar di waktu yang lalu tetapi kematian bayi yang tinggi menyebabkan proporsi penduduk yang dapat hidup terus keusia dewasa dan menjadi tua lebih sedkit.
3. Piramida penduduk dengan badan gemuk dan dasar yang sama atau lebih kecil dan dengan ujung atas yang membesar menunjukkan bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi jumlah kelahiran yang cukup besar, tetapi tingkat kematian bayi menurun sehingga jumlah bayi yang lahir dan tetap hidup mencapai usia dewasa lebih banyak dari jumlah sebelumnya.
Dengan melihat gambar piramida penduduk, secara sekilas kita mengetahui struktur umur penduduk dan implikasinya terhadap tuntutan pelayanan kebutuhan dasar penduduk (baik balita, remaja, dewasa, laki-laki dan perempuan, dan lansia) sekaligus melihat potensi tenaga kerja serta membayangkan kebutuhan akan tambahan kesempatan kerja yang harus diciptakan.
Sumber Data Sumber data yang digunakan adalah hasil Sensus Penduduk (SP). Untuk membuat piramida penduduk berdasarkan data SP, data yang dibutuhkan adalah jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan kelompok umur 5 tahunan : 0-4; 5-9; 10-14; 15-19; 20-24; 25-29; 30-34; 35-39; 40-44; 45-49; 50-54; 55-59; 60-64; 65-69; 70-74; 75 tahun ke atas. Komposisi penduduk suatu wilayah atau negara dapat disajikan dalam bentuk diagram yang berbentuk piramida. Piramida penduduk menyajikan data kependudukan dalam bentuk diagram batang yang menunjukkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin.
Tersusun dari garis atau koordinat vertikal yang digunakan untuk menyatakan golongan umur. Dimulai dari umur 0–4, 5–9, dan seterusnya hingga usia maksimal yang bisa dicapai oleh penduduk di suatu wilayah.
Jenis kelamin laki-laki di sebelah kiri, sedangkan golongan perempuan di sebelah kanan. Garis horizontal digunakan untuk menunjukkan jumlah, biasanya dalam jutaan, tetapi tergantung pada kuantitas penduduk.
Bentuk piramida penduduk berbeda-beda untuk setiap wilayah atau negara. Meskipun bentuknya berbeda-beda, pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga. Masing-masing bentuk mencerminkan karakteristik penduduknya. Ketiga bentuk piramida penduduk itu sebagai berikut.
• Berbentuk Segitiga (Limas)
Bentuk piramida penduduk ini menggambarkan sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda atau berciri ekspansif. Penduduk tumbuh cepat karena terjadi penurunan tingkat kematian bayi tetapi tingkat kelahiran masih tinggi. Piramida penduduk negara kita Indonesia, termasuk kelompok ini.
• Berbentuk Sarang Tawon (Batu Nisan)
Bentuk piramida penduduk ini menggambarkan tingkat kelahiran yang lebih rendah dari tingkat kematian atau bersifat konstruktif. Penurunan tingkat kelahiran yang tajam menyebabkan pertumbuhan penduduk mengalami penurunan. Piramida penduduk ini memiliki umur median (pertengahan) sangat tinggi. Contoh: piramida penduduk negara Jerman, Belgia, dan Swiss
• Bentuk Segi Empat
Bentuk piramida penduduk ini menggambarkan tingkat kelahiran yang hampir sama dengan tingkat kematian atau bersifat stasioner. Pertumbuhan penduduk cenderung tetap. Piramida ini menunjukkan jumlah penduduk muda, dewasa, dan tua hampir sama. Contoh: bentuk piramida penduduk Jepang dan Singapura serta beberapa negara yang tergolong maju.
Dengan melihat bentuk piramida penduduk, maka akan diketahui apakah negara itu bercirikan penduduk tua atau muda. Suatu negara disebut berpenduduk tua apabila sebagian besar penduduk di negara itu sudah berumur tua. Sedang suatu negara disebut berpenduduk muda apabila sebagian penduduk negara itu masih berumur muda. Carilah berbagai bentuk piramida, perhatikan tipe piramida penduduk tersebut untuk membandingkan negara berpenduduk muda dengan negara berpenduduk tua.

Daftar pustaka:

Teori dan Pengertian Kependudukan

http://populationpyramid.net/WORLD/2010/ http://growthmodels.com/growthmodels/documentation/poppy/index.php
http://missevi.wordpress.com/2010/08/22/493/
http://warok.web.id/piramida-penduduk/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s